Si Entong dan Si Engkong Tukang Jahit

suatu hari si Entong pergi ketukang jahit. Ia hendak membuat sepasang pakaian karena sebagian pakaiannya sudah tidak layak pakai lagi.

"salamualaikom."

"wa alaikumsalam.eh elu tong. Ade ape ni jauh2 dimari?"

"aye dimari mau jahit baju kong. Bisa kagak kong?"

"oh bisa dong. Tp lu kudu sabar. Pakaiannya bisa lu ambil dua minggu lagi. Soalnya Kudu ngantri banyak yg pesen juga."

"oke. Kagak ape dah."

"kalau gitu,sini. badan lu gua ukur dulu."

Dua minggu pun berlalu. Entong kembali lagi ke Engkong tukang jahit.

"salamualaikom"

"wa alaikumsalam"

"gimane kong. Pesanan aye udah jadi."

"ude, ntu diatas meja. Lu cobain dah. Semuanye ude gua periksa. Kagak ada lagi yg kurang."

"engkong emang terbaik dah"

"gua githu loh"

setelah pakaian itu dicobain oleh si entong ternyata, Entong mendapati dibagian ketiak sebelah kanan baju itu ada bagian yang belum terjahit. Kemudian ia memberi tahu kepada Engkong.

"Kong. Ade yg blon dijahit di bagian ketek sebelah kanan nih."

"Yang bener Tong. semua ude di periksa. Kagak ada yang bolong."

"ini beneran kong, kalau engkong kagak percaye. Lihat aje sendiri."

Ternyata apa yang dikatakan itu benar, dan tanpa ada sebab si Engkong pun menangis sejadi-jadinya. Dan itu membuat si Entong bingung.

"Engkong kenape nangis? Aye kagak marah kok. Aye kan cuma kasih tau kong aje. Ade bagian yg blon kejahit. Kan tinggal dijahit dong. Engkong jangan nangis ye. Malu dilihatin orang ntu, udah gede nangis"

setelah puas menangis barulah si Tukang jahit menceritakan perihal kenapa ia menangis.

"Gua nangis bukan karna baju lu yang masih ada bolongnya. Gua nangis karena teringat amal-amal yang gua kerjain selama ini. Gua takut ntong. Amal ibadah yang selama ini gua rasa udah sempurna gua kerjakan. Namun nanti dimata ALLAH masih ade aje yang kurang. Baju lu ade kurangnye masih bisa gua betulin. Tapi nanti di akhirat. Kalau amal gua kurang, gimana cara betulinnya. Ude telat."

Entong pun lalu beristighfar. Kemudian diikuti oleh Engkong Si Tukang Jahit.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger